5 Prinsip Tata Ruang Kantor dan Penjelasannya

5 prinsip tata ruang kantor – Tata ruang kantor biasa di sebut juga  “office layout” . tata ruang kantor adalah penataan sebuah ruangan kantor yang bertujuan untuk memanage ruangan beserta perabotannya dan juga memanage alur aktifitas yang ada. menata ruangan kantor menjadi hal yang prinsip yang wajib di rencanakan sebelum kantor itu terbangun atau di bangun.

Menurut Pakar tata ruang Gie” telah memberikan penjelasan tentang penting nya tata letak kantor yang menjamin alur kegiatan agar lancar, tak hanya itu, Gie juga menyebutkan perencanaan tata ruang kantor akan sangat  membantu semua pekerja dalam menambah produktivitas karyawan / pengguna.

Baca juga : Pengertian kantor dan contohnya

5 PRINSIP TATA RUANG KANTOR

5 prinsip tata ruang kantor

#1. Aliran kegiatan harus terus bergerak sesuai dengan alur nya.

Manfaat dari kelancaran arus kegiatan akan bisa mengurangi kemungkinan-kemungkinan yang menimbulkan terjadinya kesalahan, penyimpangan (crisscrosing), arus yang bolak – balik (back tracking), serta tabrakan -tabrakan kegiatan taupun jadwal. kantor profesional pasti menerapkan prinsip ini.

#2. Tempatkan sedekat mungkin masing-masing pegawai dengan :

  • Pimpinan, di mana ia menerima pekerjaannya
  • Mesin, perangkat serta perlengkapan dan keperluan kerja yang sering atua banyak digunakannya.
  • Pimpinan lain, yang dia mesti temui untuk memberikan pekerjaan yang sudah diselesaikan.
  • Pimpinan, yang mesti senantiasa pegawai dapatkan bimbingannya secara langsung bersangkutan kegiatan dan tentang pemakaian mesin, perangkat atu peralatan.

#3. Manajer hendaknya dibuatkan kamar  kerjanya sendiri agar lebih efisien.

Mengapa harus di buatkan kamar sendiri ? jelas itu berguna bagi manager nya sendiri atau pegawai yang lain. sebab, mereka akan dianggap sebagai pusat fokus pemikiran (control kegiatan) dari semua bidang organisasi . Maka usahakan ruangan -ruangannya dilengkapi pun dengan telepon atau megaphone, serta perangkat benda lain yang bisa menghubungkan informasi mereka dengan pimpinannya.

READ  139 Daftar Arsitek Profesional di Indonesia

#4. Pekerjaan dan Kegiatan Teknis di buat ruang sendiri.

Seperti halnya pusat pengetikan, percetakan, pusat audio visual, potret kopi, reproduksi,  stensil,  dan pusat kegiatan administratif atau ketatausahaan di usahakanmenyediakan ruangan-ruangan tersendiri yang terpisah daripusat fokus pemikiran tersebut. Dengan begitu polusi suara atau nois yang timbul dari kegiatan alat kerja tersebut dapat diisolasi dan di redam agar memembuat nyaman para manager.

#5. Kamar operasi dan informasi (operation room) di usahakan dekat dengan manager.

Mendekatkan atau tak memberi jarak untuk operation room merupakan hal yang harus di perhatikan dan menjadi prinsip seperti contoh salah satu perangkat kerja untuk mengontrol kegiatan hendaknya tidak berada terlampau jauh dari kamar kerja top manajer. itu bertujuan agar manager atau bidang yang me manage alur kegiatan bisa leluasa memonitor dan memberi arahan yang mungkin sifatnya penting.

Baca juga : Pengertian kantor dan contohnya

Pertanyaan  dari jawaban di atas  adalah : sebutkan tuliskan dan jelaskan prinsip tata 5r

Kesimpulan : penataan ruangan kantor merupakan hal yang prinsip dan wajib di lakukan oleh CEO atau Desainer kantor agar alur dari kegiatan aktivitas yang ada di kantor menjadi lancar dan tidak menghambat kerpa para pegawai.

Itulah artikel pembahasan kita tentang 5 prinsip tata ruang kantor yang di bahas di atas, semoga bisa menjawab pertanyaan kita semua, semoga bermanfaat. aminn..